Sabtu, 09 Februari 2019

Google+ atau Google Plus Bakal Tutup, Ini Penyebabnya


Google mengumumkan minggu ini bahwa Google+ akan secara resmi ditutup pada 2 April, setelah perusahaan yang bersangkutan awalnya mengumumkan akan mengakhiri layanan tersebut pada musim gugur.

Google mengakui alasan utama menutup platformnya, berdasarkan catatan penggunaannya yang rendah. Hal itu juga ditambah dengan masalah keamanan rentan yang menyebabkan Google+ tidak layak untuk dipertahankan.

Google tidak secara langsung menangani masalah keamanan di posnya, tetapi kelemahan keamanan membuat hampir 500.000 data pengguna terpapar dengan pengembang aplikasi pihak ketiga. Setelah itu diperbaiki, masalah lain ditemukan, yang menyebabkan tanggal penutupan sebelumnya pada bulan April. Sekarang, Google telah mengungkapkan timeline lengkapnya untuk mengurangi layanan mereka.

Perubahan itu menyebabkan semua akun dan halaman Google+ akan dihapus. Siapa pun yang memiliki foto atau konten lain yang ingin mereka simpan di akun mereka harus mengunduh dan menyimpan file-file itu sebelum shutdown. Foto dan video akan dicadangkan ke Google Photo. Namun, setiap posting atau konten lain di halaman Google+ akan hilang.

Bagi siapa pun yang masih merupakan pengguna aktif Google+, tidak ada waktu lama untuk mengucapkan selamat tinggal. Google mengatakan akan mulai menghapus kemampuan untuk mengirim dan menambahkan ke halaman pada hari Senin, 4 Februari.

Berikut tanggal mengenai proses Google menonaktifkan Google Plus:

4 Februari 2019
Anda tidak dapat lagi membuat profil, halaman, komunitas, atau acara Google+ baru. Lihat FAQ lengkap untuk mengetahui detail lebih lanjut dan informasi terbaru menjelang diberlakukannya penonaktifan ini.

4 Februari sampai 7 Maret 2019
Jika Anda pernah menggunakan Google+ untuk memberikan komentar di situs Anda sendiri atau situs lainnya, fitur ini akan dihapus dari Blogger.

Pertengahan Februari hingga Maret 2019
Jika Anda login ke situs dan aplikasi menggunakan tombol Login dengan Google+, tombol ini tidak akan berfungsi lagi dalam beberapa minggu ke depan.
Pada beberapa kasus akan diganti dengan tombol Login dengan Google.
Anda tetap dapat login dengan Akun Google di mana pun Anda melihat tombol Login dengan Google.

Awal Maret 2019
Jika Anda adalah pemilik atau moderator Google+ Komunitas, Anda dapat mendownload dan menyimpan data Google+ Komunitas Anda.

Mulai awal Maret 2019, data lainnya akan dapat didownload, termasuk penulis, isi, dan foto dari setiap postingan komunitas di komunitas publik.

2 April 2019
Semua komentar Google Plus Anda di semua situs akan dihapus.
Sementara itu jika Anda adalah pelanggan G Suite, Google+ untuk akun G Suite Anda akan tetap aktif.
Google Plus atau Google+ resmi tutup pada 2 April 2019. 

Hubungi admin G Suite Anda untuk mendapatkan detail lebih lanjut. Anda juga akan segera melihat tampilan dan fitur baru.

Jika Anda adalah developer yang menggunakan Google+ API atau fitur Login dengan Google+, klik di sini untuk melihat dampak penonaktifan ini pada Anda.

"Terima kasih telah menjadikan Google+ tempat yang spesial. Kami berterima kasih kepada para seniman, pembuat komunitas, dan ahli berpengaruh yang telah menjadikan Google+ sebagai rumah mereka. Semangat dan dedikasi Anda begitu berarti," tulis keterangan tersebut.

sumber : Google


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan dan kesan yaa..

Pesan Ayah Untuk Anaknya

Related Post